AKTUALISASI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN KAMPUS
PEMAHAMAN AKTUALISASI
AKTUALISASI ADALAH BAGAIMANA MENGAKTUALKAN SESUATU, SEHINGGA BENAR-BENAR DAPAT TERCERMIN DALAM SIKAP DAN PERILAKU.
AKTUALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA & BERNEGARA MEMERLUKAN KONDISI DAN IKLIM YANG MEMUNGKINKAN, SEHINGGA SEGENAP LAPISAN DAPAT MENCERMINKAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PERILAKU YANG SESUNGGUHNYA MULAI DARI APARATUR & PIMPINAN NASIONAL & SAMPAI KEPADA RAKYAT BIASA, DAN KHUSUSNYA AKTIVITAS KAMPUS.
AKTUALISASI PANCASILA DILAKUKAN DALAM BENTUK NORMA-NORMA, DIJUMPAI DALAM BENTUK NORMA HUKUM KENEGARAAN, DAN NORMA-NORMA MORAL.
JENIS-JENIS AKTUALISASI PANCASILA
MERIALISASIKAN PANCASILA DALAM KEHIDUPAN DAPAT DILAKUKAN MELALUI CARA-CARA OBYEKTIF DAN SUBYEKTIF .
AKTUALISASI PANCASILA SECARA OBYEKTIF, YAITU MELAKSANAKAN NILAI-NILAI PANCASILA DALAM SETIAP ASPEK PENYELENGGARAAN NEGARA, MELIPUTI BIDANG LEGISLATIF, EKSEKUTIF, YUDIKATIF, DAN DALAM BIDANG KEHIDUPAN KENEGARAAN LAINNYA.
PELAKSANAAN PANCASILA SECARA SUBYEKTIF, LEBIH BERKAITAN DENGAN NORMA MORAL SEHINGGA SANGAT DITENTUKAN OLEH KESADARAN, DAN KETAATAN SERTA KESIAPAN INDIVIDU UNTUK MENGAMALKAN PANCASILA.
SIKAP & TINGKAH LAKU SESEORANG SANGAT MENENTUKAN TERLAKSANANYA NILAI-NILAI PANCASILA YANG SESUNGUHNYA DALAM SEGALA ASPEK KEHIDUPAN. OLEH KARENA ITU PANCASILA HARUS DIPAHAMI, DIRESAPI, DAN DIHAYATI.
AKTUALISASI PANCASILA DALAM KEHIDUPAN KAMPUS.
AKTUALISASI DALAM KEHIDUPAN KAMPUS MERUPAKAN AKTUALISASI YANG OBYEKTIF, KARENA DILAKSANAKAN DALAM SUATU LEMBAGA PENDIDIKAN ATAU LEMBAGA AKADEMI, YAITU KOLEKTIFITAS MASYARAKAT ILMIAH YANG MELIPUTI PARA DOSEN, MAHASISWA MAUPUN TENAGA ADMINISTRASI.
TRIDARMA PERGURUAN TINGGI
PENDIDIKAN
DENGAN TUJUAN :
UNTUK MENDAPATKAN ILMU PENGETAHUAN, MELAKUKAN TRANSFER ILMU PENGETAHUAN DAN MENERAPKAN ILMU PENGETAHUAN, BAIK DI DALAM MAUPUN DILUAR KAMPUS.
PENELITIAN
FUNGSI PENELITIAN UNTUK MENGUNGKAPKAN SUATU KEBENARAN, MENINGKATKAN KUALITAS KEILMUAN (AKADEMIK), JUGA DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT DALAM RANGKA MENCARI PENGALAMAN BARU (EXPERIENCE SEEKING).
PENGABDIAN MASYRAKAT
KAMPUS SEBAGAI MORAL FORCE PENGEMBANGAN HUKUM
- INTERPRETASI, BERTUJUAN UNTUK MENGETAHUI PENGER-TIAN OBYEKTIF DARI APA YANG TERMAKTUB DALAM PENGERTIAN HUKUM.
- KONSTRUKSI, PEMBENTUKAN JURIDIS YANG TERDIRI DARI BAGIAN – BAGIAN ATAU UNSUR TERTENTU, DENGAN TUJUAN AGAR APA YANG TERMAKTUB DALAM PEMBENTUKAN ITU MERUPAKAN PENGERTIAN YANG JELAS DAN TERANG.
- SISTEMATIK, MENGADAKAN SISTEM DALAM SUATU BAGIAN HUKUM, ATAU SELURUH BIDANG HUKUM, SEHINGGA MEMBERI KEGUNAAN MAKSIMAL KEPADA MASYARAKAT.